Skip to main content

Teknologi Informasi dalam Komunikasi Bisnis

A. Keuntungan Menguasai Teknologi Informasi
Perkembangan zaman yang semakin berkembang tentunya diikuti pula dengan perkembangan teknologi informasi komunikasi yang juga semakin kompleks. Penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan primer hampir setiap orang, kita lihat di mana-mana orang-orang tidak dapat lepas dari penggunaan handphone, IPhone, Ipad, dan laptop dalam kehidupan mereka sehari-hari. Karena bagi mereka informasi merupakan hal yang sangat penting, sebab ada kata bijak “Siapa yang menguasai informasi maka dia yang akan menguasai dunia”.
Internet merupakan sarana yang paling cepat untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, mengingat manfaat internet dewasa ini terasa semakin berperan penting dan sangat luas cakupannya. Bila pada sekitar 10 tahun yang lalu, manfaat Internet lebih banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan bisnis, sekarang boleh dikatakan Internet menjadi hal wajib bagi berbagai kalangan, aksesnya pun juga jauh lebih mudah didapat. Kecanggihan teknologi smartphone, gadget dan akses Internet dari rumah pun sekarang bisa didapat dengan mudah dan biayanya yang relatif murah.
Internet seolah-olah sebuah pintu, yang ketika kita melewatinya akan terbentang berbagai macam hal dari seluruh belahan dunia.  Bukan sebatas keterbatasan mata memandang, internet menawarkan kepada kita untuk bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat duduk di depan layar monitor.  Seolah dunia Internet tanpa batas waktu dan jarak. Lewat Internet kita bisa banyak sekali mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal, bertemu lewat Internet dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, saling berbagi, saling berbincang, bertukar ide, pengetahuan dan tentu akan banyak lagi manfaat internet yang bisa kita dapat. Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan apabila kita menguasai teknologi informasi:
- Menambah wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang, dari seluruh dunia.  Bagi para pelajar juga banyak manfaat yang bisa di ambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di Internet dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru.  Dengan banyaknya wawasan yang didapat di Internet akan mumbuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju.
- Mendapatkan banyak Ide baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku, melihat informasi kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, mendapat tips dan trik yang bisa menjadi pemicu semangat belajar dan berusaha.
- Sarana komunikasi, semakin canggihnya Internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas, tidak terbatas ruang dan tempat, hal ini juga bisa dilakukan dengan handphone tetapi jejaring sosial seperti Facebook di Internet memungkinkan kita untuk menemukan teman-teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang yang kita ingin ketahui keberadaannnya, semua bisa dilakukan tanpa harus beranjak dari tempat.
- Menghemat waktu dan biaya,   penggunaan Internet dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari berdampak pada berkurangnya secara signifikan total biaya administrasi relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya untuk keperluan aktivitas sehari hari, begitu pula dengan waktu yang dibutuhkan relatif jauh lebih singkat dan cepat untuk menyampaikan suatu informasi. 
- Teknologi ramah lingkungan, Internet dapat dikatakan sebagai teknologi yang ramah lingkungan, karena dengan semakin banyaknya transaksi/pekerjaan yang dilakukan secara eletronik seperti mengirim surat via e-mail, mengerjakan aplikasi-aplikasi perkantoran lainnya dapat menekan penggunaan kertas dan tinta, di mana kita ketahui untuk memproduksi selembar kertas harus dikorbankan satu batang pohon kayu.

B. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Komunikasi Bisnis
1. mempromosikan produk atau jasa. Melalui kemajuan teknologi di bidang media promosi, Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa Anda ke berbagai daerah tanpa perlu membayar biaya tiket pesawat yang cukup mahal. Media promosi sendiri saat ini dibagi dua, yaitu media online dan media offline.
Media offline terdiri dari majalah, radio, televisi, billboard, brosur, spanduk, dan bentuk lainnya. Sedangkan media online terdiri dari berbagai macam situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau media promosi online lain contohnya blog atau official website. 
2. membangun dan menjaga relasi bisnis. Kemajuan teknologi memungkinkan Anda melakukan komunikasi dan kerjasama jarak jauh dengan rekan bisnis, pelanggan, serta investor. Dalam hal ini pelaku bisnis dapat melakukan komunikasi lebih mudah melalui aplikasi online messenger seperti Line, Whatsapp, dan Blackberry Messenger. Bahkan sekarang sudah dapat berkomunikasi tatap muka lewat video call seperti Skype atau melakukan meeting serta teleconference dengan mitra bisnis.
3. mengontrol jalannya bisnis. Teknologi member kesempatan untuk mengawasi bisnis kapan pun dan di mana pun. Saat di dalam kantor, Anda dapat mengendalikan pegawai dengan menggunakan software untuk pengawas jaringan seperti Radmin. Dengan demikian, seorang pimpinan dapat mengetahui kegiatan online pegawainya selama di kantor. Mengendalikan perusahaan menjadi semakin mudah setiap harinya. Tidak hanya di kantor, bisa juga dapat melihat seluruh aktivitas perusahaan selama 24 jam dari jauh dengan aplikasi CCTV yang dapat diakses dari smartphone. Tidak hanya mengontrol aktivitas perusahaan, pelaku bisnis juga dapat mengontrol proses distribusi produk atau jasa melalui GPS tracking.
4. mengelola keuangan usaha. Pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi. Jika dul membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat laporan keuangan secara manual di buku besar, maka sekarang dapat dengan mudah membuat membuat laporan tersebut dengan Microsoft Office yang tersedia di komputer atau laptop. Bisa juga membuat dan mengakses laporan keuangan dengan software keuangan dan akuntansi offline maupun online.
Banyak software manajemen yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan. Contohnya, ada software ReadyForZero yang dapat membantu mengontrol jumlah hutang sehingga dapat lebih bijak mengatur keuangan. Selain itu, ada software akuntansi online seperti Jurnal.id yang dapat membantu membuat berbagai laporan keuangan perusahaan secara instan sehingga dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun.
5. menjaga keamanan data. Keamanan data perusahaan semakin terjamin dengan adanya teknologi. Data yang awalnya hanya berbentuk tulisan dan mudah rusak sekarang dapat disimpan dalam bentuk file softcopy dengan media USB, harddisk, laptop, atau komputer. 

C. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengambilan Keputusan Bisnis
Pengambilan keputusan adalah salah satu kegiatan yang paling signifikan dan penting dalam bisnis. Pengambilan keputusan melibatkan berbagai proses yang dipengaruhi oleh teknologi. Teknologi informasi menyediakan bisnis dengan sistem pendukung keputusan/Decision Support System (DSS) dan sistem intelijen buatan, kombinasi sistem TI ini membantu Anda membuat informasi melalui proses analisis online/online analytical process (OLAP) untuk memudahkan tugas-tugas pengambilan keputusan yang mungkin memerlukan upaya dan analisis yang signifikan. Teknologi menyederhanakan cara kita membuat keputusan dalam bisnis.Berikut ini adalah peran teknologi dalam pengambilan keputusan:
- Kemampuan Pengolahan Data: teknologi akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang cepat dengan memberikan Anda kemampuan untuk memilah dan memilih  jalan Anda dalam melalui sejumlah besar informasi. Data warehouse memiliki alat penggalian data mini yang komputerisasi proses pembuatan keputusan.
- Teknologi Informasi membawa kecepatan: sejumlah besar informasi, dan kemampuan pemrosesan yang canggih akan membantu Anda membuat informasi yang berguna dalam membuat keputusan. IT memberikan kekuatan besar, sebagai pengambil keputusan harus tahu jenis pertanyaan apa untuk meminta informasi dan cara memproses informasi untuk mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tadi dijawab.
- IT Mendukung pengambilan keputusan kelompok: Sebuah tim dari karyawan dapat menggunakan sistem pendukung keputusan kelompok untuk membuat keputusan yang cepat. Sistem pendukung keputusan kelompok/group decision support system (GDSS) adalah jenis sistem pendukung keputusan yang memfasilitasi pembentukan dan solusi untuk masalah secara tim.

Sumber:
1. Firadaus, Rahmawaty. (n.d.). Manfaat Teknologi Informasi Komunikasi. Retrieved May 12, 2016, from http://sulsel.kemenag.go.id/file/file/ArtikelTulisan/zscq1383114857.docx
2. Ichsan, Hafidh. (2015, November 3). Peranan Teknologi Untuk Perkembangan Bisnis Anda. Retrieved May 12, 2016, from http://bisnisukm.com/peranan-teknologi-untuk-perkembangan-bisnis-anda.html
3. Ramey, Karehka. (2012, October 15). The Role of Technology in Decision Making. Retrieved May 12, 2016, from http://www.useoftechnology.com/role-technology-decision-making/

Comments

Popular posts from this blog

Heal the World

Mungkin...ini sudah sangat terlambat untuk mengatakan lagu Heal the World yang dinyayikan Michael Jackson mengandung pesan dan makna yang sangat dalam, tapi tak ada salahnya saya mengatakan apa yang saya pikirkan ketika saya -setelah sekian lama- mendengarkan kembali lagu ini sambil membaca liriknya. And the dream we were conceived In Will reveal a joyful face And the world we once believed in Will shine again in grace Then why do we keep strangling life Wound this earth Crucify its soul Though it's plain to see This world is heavenly be God's glow Bumi ini semakin hancur dan rusak. Penghuninya kini sudah semakin tak peduli dengan kondisi bumi yang sangat memprihatinkan. Di luar keadaan lingkungannya, manusia terus saling pamer kekuasaan, harta, uang dan sebagainya. Saling menghancurkan ras dan agama secara perlahan dan sembunyi-sembunyi, atau terang-terangan dan membuat seluruh dunia heboh dengan caranya yang membabi buta. Kemana perginya manus

Reading 4 the 8th Meeting

Dracula - Chapter 1 The Road to Castle Dracula   My name is Jonathan Harker. I am a lawyer and I live in London. About seven years ago, some strange and terrible things happened to me. Many of my dear friends were in danger too. At last we have decided to tell the story of that terrible time. Part of my work is to find houses in England for rich people who live in foreign countries. At the beginning of 1875, I received a letter from Transylvania, a country in Eastern Europe. The letter was from a rich man called Count Dracula. He wanted to buy a house near London.   The Count ask me to find him an old house with a large garden. The price of the house was not important. I found him a large, old house to the east of London. I wrote to the Count and he agreed to buy it. There were many papers which he had to signs. To my surprise, Count Dracula invited me to visit him in his castle in Transylvania. ‘Bring the papers with you,’ he wrote in his letter. ‘I can sign them here.’   I

Pengorganisasian dan Revisi Pesan-Pesan Bisnis

A. Pengorganisasian Melalui Outline Dibutuhkan dua proses tahapan  untuk mencapai pengorganisasian yang baik,  yaitu: 1. Mendefinisikan dan mengelompokan ide-ide: memutuskan apa yang harus dikatakan adalah masalah mendasar bagi setiap komunikator yang harus dipecahkan. Jika materinya memang lemah dan tidak memiliki suatu gaya yang menarik, fakta yang ada akan kabur. Cepat atau lambat, audiens akan menimpulkan bahwa komunikator benera-benar tidak mempunyai sesuatu yang bernilai sedikit pun. Apakah dengan menelepon, membuat tiga paragraph surat, atau menulis laporan dua ratus halaman, akan dimulai dengan mendefinisikan isi materinya. Semakin panjang dan kompleks, semakin penting tahap pertama ini. Apabila menyusun pesan yang panjang dan kompleks, outline sangat diperlukan dan menjadi penting artinya. Mengapa demikian? Hal ini karena dengan adanya outline akan membantu komunikator memvisualisasikan hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Di samping itu, outline j