Skip to main content

Softskill

Softskill diukur dari karakter pribadi manusia baik itu sikap kita, cara berkomunikasi kita, dan kemampuan kita dalam berinteraksi dengan orang lain. Softskills adalah kemampuan khusus yang dimiliki manusia yaitu berupa karakter yang harus dimiliki sebelum memasuki dunia kerja.
Minggu lalu (3 Maret 2015) dalam pertemuan pertama mata kuliah softskill Kewirausahaan, dosen saya menjelaskan dengan panjangnya apa yang dimaksud dengan softskill beserta contoh-contohnya. Karena saya tidak begitu ingat kalimat-kalimat persisnya bagaimana (tapi saya dapat inti dan maksudnya), jadi saya mengutip dari sebuah blog. Dari kutipan di atas, dijelaskan softskill harus dimiliki sebelum memasuki dunia kerja, namun menurut saya softskill juga dibutuhkan saat kita bersosialisasi baik itu dengan keluarga, teman, tetangga, dan lain sebagainya.  Alright enough for the intro...
Ketika dosen menugaskan kami, mahasiswa semester 4, untuk 'menceritakan' softskill apa yang diri pribadi kami masing-masing miliki, saya cukup bingung. Kalau teman saya bilang, "loh jadi seperti narsis ya?" saya rasa itu benar. 
Jadi, saya adalah orang yang sering melakukan introspeksi. Saya sering beranggapan bahwa apa yang saya kerjakan belum cukup baik karena saya mengutamakan kesempurnaan dan orang-orang di sekitar saya mungkin tidak menyukai sikap atau hasil karya saya. Saya jarang merasa puas dengan apa yang sudah saya lakukan, tapi saya sadar bahwa kemampuan saya juga terbatas jadi saya mulai menerima kenyataan bahwa yang perlu saya lakukan hanya melakukan yang terbaik.
Saya sangat suka membantu orang-orang. Saya senang melihat orang lain senang dan tersenyum. Saya akan melakukan apa yang saya bisa agar kepentingan orang lain bisa terpenuhi. Inilah alasan mengapa saya suka menjabat sebagai sekretaris.
Namun di atas semua itu, hal yang paling saya jaga agar tidak rusak adalah kepercayaan karena hanya dibutuhkan beberapa detik untuk merusak kepercayaan tapi butuh waktu seumur hidup untuk membangunnya kembali. Saya tak ingin mengecewakan orang lain, jadi saya berusaha agar apa yang saya kerjakan memberi kepuasan bagi orang yang memberi kepercayaan pada saya.
Dari hasil deskripsi mengenai softskill yang ada pada diri saya, membuat saya berpikir bahwa di masa depan saya ingin menjadi orang kaya. Iya, orang kaya. Agar saya bisa berbuat baik dan memberi kebaikan lebih banyak pada orang-orang. Baik itu kaya akan ilmu atau harta atau mungkin keduanya, yang jelas harus memberikan manfaat bagi banyak orang. Saya tak bisa membantah fakta bahwa cita-cita saya sejak dulu belum berubah, saya ingin mengajar dan membuka butik busana pengantin muslimah syar'i...

Sumber: http://kammilashaffirah.blogspot.com/2011/02/apa-itu-softskills-dan-bagaimana.html

Comments

Popular posts from this blog

Reading 4 the 8th Meeting

Dracula - Chapter 1 The Road to Castle Dracula   My name is Jonathan Harker. I am a lawyer and I live in London. About seven years ago, some strange and terrible things happened to me. Many of my dear friends were in danger too. At last we have decided to tell the story of that terrible time. Part of my work is to find houses in England for rich people who live in foreign countries. At the beginning of 1875, I received a letter from Transylvania, a country in Eastern Europe. The letter was from a rich man called Count Dracula. He wanted to buy a house near London.   The Count ask me to find him an old house with a large garden. The price of the house was not important. I found him a large, old house to the east of London. I wrote to the Count and he agreed to buy it. There were many papers which he had to signs. To my surprise, Count Dracula invited me to visit him in his castle in Transylvania. ‘Bring the papers with you,’ he wrote in his letter. ‘I can sign them here.’   I

Heal the World

Mungkin...ini sudah sangat terlambat untuk mengatakan lagu Heal the World yang dinyayikan Michael Jackson mengandung pesan dan makna yang sangat dalam, tapi tak ada salahnya saya mengatakan apa yang saya pikirkan ketika saya -setelah sekian lama- mendengarkan kembali lagu ini sambil membaca liriknya. And the dream we were conceived In Will reveal a joyful face And the world we once believed in Will shine again in grace Then why do we keep strangling life Wound this earth Crucify its soul Though it's plain to see This world is heavenly be God's glow Bumi ini semakin hancur dan rusak. Penghuninya kini sudah semakin tak peduli dengan kondisi bumi yang sangat memprihatinkan. Di luar keadaan lingkungannya, manusia terus saling pamer kekuasaan, harta, uang dan sebagainya. Saling menghancurkan ras dan agama secara perlahan dan sembunyi-sembunyi, atau terang-terangan dan membuat seluruh dunia heboh dengan caranya yang membabi buta. Kemana perginya manus

Workshop Young Diabetic Discussion: Learn and Manage Type 1 Diabetes

DOCLink 2018 akan menyelenggarakan acara workshop  dengan tema: Young Diabetics Discussion: Learn and Manage Type 1 Diabetes NOVOTEL, MANGGA DUA JAKARTA Sabtu, 21 Juli 2018 16.00-21.00 MATERI ACARA: 1. Materi 1 - basic diabetes & update 2. Materi 2 - new treatment options and insulin adjustment strategy 3. Materi 3 - diabetes technology in apps, pumps and CGM Notes: 1. Biaya Rp100.000 (akan dapat kaos lengan panjang) 2. Kuota terbatas 3. Terbuka untuk umum 4. Terbuka untuk diabetisi di atas 17 tahun (apabila anak di bawah 17, boleh digantikan orang tuanya) For registration please contact: Sarah: 085781068575 Dr Firas: 08159471228