Skip to main content

Individu dan Keluarga

Individu
Pengertian individu menurut Wikipedia:  merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil. Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda. Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok di mana dirinya bergabung.
Pengertian individu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: terdapat dua arti menurut KBBI, yakni (1) Orang seorang; pribadi orang (terpisah dari yang lain). (2) Organisme yang hidupnya berdiri sendiri, secara fisiologi ia bersifat bebas (tidak mempunyai hubungan organik dengan sesamanya)
Pengertian individu menurut kamus online Oxford Learner’s Dictionaries: terdapat tiga arti individu menurut kamus ini, yakni (1) A person considered separately rather than as part of a group (orang yang dianggap secara terpisah dan bukan sebagai bagian dari suatu kelompok). (2) A person who is original and very different from others (orang yang tampil beda dan ‘asli’ dibandingkan dengan yang lainnya). (3) A person of a particular type, especially a strange one (orang dari tipe tertentu, khususnya yang aneh)

Pertumbuhan
Pengertian pertumbuhan menurut Wikipedia: Pertumbuhan mengacu pada perubahan positif dalam ukuran, sering kali selama periode waktu. Pertumbuhan dapat terjadi sebagai tahap pematangan atau proses menuju kepenuhan atau pemenuhan. Hal ini juga dapat melestarikan tanpa henti, misalnya, seperti yang dijelaskan oleh beberapa teori nasib akhir alam semesta. Kuantitasnya dapat berupa fisik (misalnya, pertumbuhan tinggi, pertumbuhan dalam jumlah uang) dan abstrak (misalnya, sistem menjadi lebih kompleks, organisme menjadi lebih matang). Pertumbuhan juga dapat merujuk ke modus pertumbuhan, yaitu model numerik untuk menggambarkan seberapa banyak jumlah tertentu tumbuh dari waktu ke waktu.
Pengertian pertumbuhan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: hal (keadaan) tumbuh; perkembangan (kemajuan dan sebagainnya).
Pengertian pertumbuhan menurut kamus online Oxford Learner’s Dictionaries: (1) The process of growing physically, mentally, or emotionally (Proses pertumbuhan secara fisik, mental, atau emosional). (2) An increase in the size, amount, or degree of something (peningkatan dalam ukuran, jumlah, atau derajat sesuatu). (3) An increase in economic activity (peningkatan dalam aktivitas ekonomi). (4) A lump caused by a disease that forms on or inside a person, an animal, or a plant (benjolan yang disebabkan oleh penyakit yang terbentuk pada atau di dalam seseorang, binatang, atau tumbuhan). (5) Something that has grown (sesuatu yang telah tumbuh).

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
A. Faktor internal
Faktor dari dalam tubuh makhluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan antara lain sebagai berikut.
  • Gen: merupakan faktor penentu sifat yang diturunkan dari induknya. Sifat-sifat yang diturunkan dalam gen setiap individu berbeda.
  • Hormon: mempengaruhi aktivitas di dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan hewan dan manusia disebut hormon somatotrof.

B.  Faktor eksternal
Pertumbuhan dan perkembangan juga dipengaruhi oleh faktor dari luar. Faktor dari luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia adalah sebagai berikut.
  • Makanan: semua makhluk hidup membutuhkan makanan sebagai sumber tenaga dan zat pembangun tubuh. Makanan sebagai sumber tenaga adalah karbohidrat, sedangkan sumber pembangun tubuh adalah protein. Ketercukupan kebutuhan makanan akan menjadikan hewan atau manusia tumbuh optimal.
  • Sinar matahari: sinar matahari diperlukan dalam pengubahan pro-vitamin D menjadi vitamin D. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan.
  • Aktivitas fisik: kegiatan fisik, misalnya olahraga dan latihan, akan dapat memperbesar ukuran otot dan tulang.
  • Suhu: suhu yang sesuai diperlukan dalam pertumbuhan hewan maupun manusia.
Keluarga dan Fungsinya
Dalam konteks manusia, keluarga adalah sekelompok orang yang berafiliasi dengan kekerabatan (kelahiran yang diakui), afinitas (dengan pernikahan), atau berbagi tempat tinggal. Anggota keluarga dekat mungkin termasuk pasangan, orang tua, kakak dan adik, dan putra dan putri. Anggota keluarga apabila diperpanjang mungkin termasuk nenek, bibi, paman, sepupu, keponakan dan keponakan, atau saudara ipar. Dalam sebagian besar masyarakat, keluarga adalah lembaga utama untuk sosialisasi anak.
Sebagai unit dasar untuk membesarkan anak-anak, antropolog yang paling umum mengklasifikasikan organisasi keluarga sebagai matrifokal (ibu dan anak-anaknya), suami-istri (suami, istri, dan anak-anak, juga disebut keluarga inti), paman (misalnya kakak, adik, dan anak-anaknya), atau keluarga lain di mana orang tua dan anak-anak berbagi tempat tinggal dengan anggota lain dari keluarga satu orang tua. Sebagai unit sosialisasi, keluarga adalah objek analisis untuk antropolog dan sosiolog keluarga.
Hubungan seksual antara anggota diatur oleh aturan tentang inses seperti taboo incest (aturan budaya atau norma yang melarang hubungan seksual antara orang-orang yang terkait erat). Keluarga juga menghabiskan waktu bersama untuk saling mengenal. "Keluarga" digunakan secara metaforis untuk membuat kategori yang lebih inklusif seperti masyarakat, kebangsaan, desa global dan humanisme.
Genealogi adalah bidang yang bertujuan untuk melacak garis keturunan keluarga melalui sejarah. Keluarga juga merupakan unit ekonomi yang penting dipelajari dalam ekonomi keluarga. Fungsi yang dijalankan keluarga adalah:
  1. Fungsi Pendidikan dilihat dari bagaimana keluarga mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak.
  2. Fungsi Sosialisasi anak dilihat dari bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.
  3. Fungsi Perlindungan dilihat dari bagaimana keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.
  4. Fungsi Perasaan dilihat dari bagaimana keluarga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  5. Fungsi Agama dilihat dari bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.
  6. Fungsi Ekonomi dilihat dari bagaimana kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi rkebutuhan-kebutuhan keluarga.
  7. Fungsi Rekreatif dilihat dari bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti acara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dan lainnya.
  8. Fungsi Biologis dilihat dari bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.
  9. Memberikan kasih sayang, perhatian, dan rasa aman di antara keluarga, serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.
My Family 
  Soal terakhir dari tugas pertama mata kuliah Ilmu Sosial Dasar adalah menceritakan mengenai keluarga penulis, dalam hal ini penulis yang dimaksud adalah saya. Saya cukup kesulitan ketika harus menceritakan hal-hal yang saya suka, cinta, dan saya kagumi karena rasanya kata-kata tak mampu menggambarkan bagaimana perasaan saya terhadap hal-hal itu. Tapi, karena ini 'diwajibkan' maka saya akan katakan saja. Saya lahir di sebuah keluarga yang semula kecil dan sederhana. Sebelum lahir kedua adik perempuan, saya sempat merasakan yang namanya catur keluarga dan setelah itu jumlah anggota keluarga saya berjumlah 6 orang, yakni abah, mamah, kakak, saya, adik perempuan satu, dan adik perempuan dua.
  Saya sangat menyayangi mereka, saya menyayangi mereka dengan cara yang berbeda. Untuk abah yang tiada hari tanpa ngeledek anak-anaknya, saya sering sekali adu mulut dengan abah karena saya sebagai korban mutlak ledekan abah. Dan hal itu ternyata itu membuat saya dan abah dekat. Untuk mamah, saya tak tahu hubungan kami tepatnya seperti apa tapi rasanya mamah dan saya tak bisa hidup bila salah satu menghilang dari muka bumi ini. Untuk kakak laki-laki saya, kami saling menyembunyikan kasih sayang kami. Tapi yang pasti, kakak sayang sekali pada saya dan saya lebih sangat sayang padanya. Apapun untuknya. Untuk adik perempuan satu, kami seperti teman sekelas, namun terikat hubungan darah. Bercanda, berbicara, curhat...layaknya teman sekelas, dan dia sangat unik. Dan yang terakhir untuk adik perempuan dua. Saya rasa ini adalah hubungan adik-kakak perempuan seperti hubungan saya dengan kakak saya. Mengerti maksud saya? Sebagai kakak, sudah nalurinya untuk menjahili adik-adiknya. Adik perempuan dua cukup sering saya jahili. Dan itu membuatnya semakin sulit berpisah dari saya. Sekian... :) 

Sumber
Wikipedia
Oxford Learner’s Dictionaries
Kamus Besar Bahasa Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Reading 4 the 8th Meeting

Dracula - Chapter 1 The Road to Castle Dracula   My name is Jonathan Harker. I am a lawyer and I live in London. About seven years ago, some strange and terrible things happened to me. Many of my dear friends were in danger too. At last we have decided to tell the story of that terrible time. Part of my work is to find houses in England for rich people who live in foreign countries. At the beginning of 1875, I received a letter from Transylvania, a country in Eastern Europe. The letter was from a rich man called Count Dracula. He wanted to buy a house near London.   The Count ask me to find him an old house with a large garden. The price of the house was not important. I found him a large, old house to the east of London. I wrote to the Count and he agreed to buy it. There were many papers which he had to signs. To my surprise, Count Dracula invited me to visit him in his castle in Transylvania. ‘Bring the papers with you,’ he wrote in his letter. ‘I can sign them here.’   I

Heal the World

Mungkin...ini sudah sangat terlambat untuk mengatakan lagu Heal the World yang dinyayikan Michael Jackson mengandung pesan dan makna yang sangat dalam, tapi tak ada salahnya saya mengatakan apa yang saya pikirkan ketika saya -setelah sekian lama- mendengarkan kembali lagu ini sambil membaca liriknya. And the dream we were conceived In Will reveal a joyful face And the world we once believed in Will shine again in grace Then why do we keep strangling life Wound this earth Crucify its soul Though it's plain to see This world is heavenly be God's glow Bumi ini semakin hancur dan rusak. Penghuninya kini sudah semakin tak peduli dengan kondisi bumi yang sangat memprihatinkan. Di luar keadaan lingkungannya, manusia terus saling pamer kekuasaan, harta, uang dan sebagainya. Saling menghancurkan ras dan agama secara perlahan dan sembunyi-sembunyi, atau terang-terangan dan membuat seluruh dunia heboh dengan caranya yang membabi buta. Kemana perginya manus

Workshop Young Diabetic Discussion: Learn and Manage Type 1 Diabetes

DOCLink 2018 akan menyelenggarakan acara workshop  dengan tema: Young Diabetics Discussion: Learn and Manage Type 1 Diabetes NOVOTEL, MANGGA DUA JAKARTA Sabtu, 21 Juli 2018 16.00-21.00 MATERI ACARA: 1. Materi 1 - basic diabetes & update 2. Materi 2 - new treatment options and insulin adjustment strategy 3. Materi 3 - diabetes technology in apps, pumps and CGM Notes: 1. Biaya Rp100.000 (akan dapat kaos lengan panjang) 2. Kuota terbatas 3. Terbuka untuk umum 4. Terbuka untuk diabetisi di atas 17 tahun (apabila anak di bawah 17, boleh digantikan orang tuanya) For registration please contact: Sarah: 085781068575 Dr Firas: 08159471228